Pernah mengalami gigi sepeda loncat, gigi sepeda tidak pas, bagaimana setting gigi sepeda bila mengalami masalah ini. Setting gigi sepeda atau nyetel Rear Derailleur (RD) dan Front Derailleur (FD) yang mulai tidak beres sebenarnya mudah. Pabrikan komponen sepeda sudah menyediakan satu komponen di dalam shifter dan RD sepeda. Bagian tersebut dinamai Barrel Adjuster, fungsi Barrel Adjuster untuk mempresisikan pemindahan gigi sepeda. Komponen ini tersembunyi bahkan mereka yang tidak pernah melakukan setting sepeda sendiri bisa saja tidak mengetahui keberadaan alat  Barrel Adjuster.

Barrel Adjuster adalah pengatur tarikan kabel shifter, gunanya mengatur ketepatan jatuhnya rantai pada bagian gigi depan dan gigi belakang sepeda.
Mirip seperti bagian rem sepeda, ketika rem tidak terlalu pakem atau kurang kuat mencengkram. Bagian untuk menarik kabel rem dapat diatur pada tuas rem.

Seperti apa Barrel Adjuster dan dimana letaknya Barrel Adjuster tersebut.
Umumnya setiap Shifter sepeda memiliki bagian Barrel Adjuster pada shifter Rear Derailleur dan Front Derailleur

Bentuknya seperti dibawah ini, Bagian shifter sepeda memiliki tutup pada bagian penghubung kabel RD atau FD. Bagian penutup tersebut bukanlah penutup biasa, tetapi sebagai komponen Barrel Adjuster



Posisi Barrel Adjuster ketika dibuka



Atau pada bagian RD sepeda, khususnya pada produk Shimano memiliki setting Barrel Adjuster ke 2 di bagian RD



Lebih jelas dari komponen RD seperti gambar dibawah ini