Apa saja isi dari Barrel Adjuster
Seperti gambar dibawah ini, ada 3 komponen
  1. Sebuah Baut berlubang untuk penyesuaian tarikan / ketegangan kabel RD dan FD (kiri)
  2. Sebuah per untuk penahan plastik pemutar (tengah)
  3. Terpenting adalah pemutarnya, berbentuk seperti gerigi (kanan).
Hitungan setiap lompatan gigi kecil pada plastik Barrel Adjuster disebut satu click. (kanan). Mengapa perlu disebutkan sebagai satu click. Indikator click hanyalah ukuran setiap pergeseran kabel shifter dengan Barrel Adjuster. Setiap anda memutar baut Barrel Adjuster akan terhenti karena tertahan oleh plastik yang di dorong oleh per dan menjadi penahan baut didalamnya.  Setiap anda memutar satu click, maka ketegangan posisi kabel shifter akan berubah, dan mempengaruhi presisi tidaknya pemindahan gigi dari shifter ke Derailleur(RD).

Bagaimana mengatur tarikan kabel Shifter terhadap RD
Misalnya sistem gigi sepeda akan pindah dari 1 (gigi belakang besar), 2, 3 sampai ke 9 (gigi belakang kecil). Artinya sistem shifter adalah menarik kabel untuk memindahkan gigi. Bila gigi sepeda di posisi 6, lalu dipindahkan ke 7 dengan menekan Shifter. Tetapi gigi tidak pindah. Artinya shifter perlu disesuaikan untuk menarik lebih kuat. Diperlukan penyesuaian dari Barrel Adjust untuk menarik 2-3 click.

Sebaliknya bila gigi di posisi 6 lalu dipindah ke 5 setelah melepas dari Shifter, tetapi gigi tidak pindah dan tetap di gigi 6. Artinya perlu dikurangi tarikan kabel dari kabel shifter.

Untuk menerangkan kinerja Shifter dan RD, bisa di baca pada halaman 3 selanjutnya