Crank terbaik sepeda gunung MTB
Kualitas dan harga nomor satu bukan  
berarti crank mampu bekerja lebih baik  
The best Crank sepeda gunung ternyata memiliki kualitas berbeda. Kualitas dan harga nomor satu bukan berarti crank mampu bekerja lebih baik. Satu kutipan dari artikel What Mountain Bike edisi akhir tahun ini menguji 18 merek / model crank. Harga crank sepeda mahal bukan menjadi patokan bahwa sebuah model / merek crank menjadi yang bagus digunakan. Bahkan dari sisi bobot, dari crank papan atas vs crank murah hanya memiliki selisih tidak lebih dari 300g. Bagaimana menguji crank sepeda gunung, WMB mencoba me review 18 crank dari model termurah di kelas entry level sampai jenis carbon tipe high endl. Hasilnya laporan ini tentu tidak mengecewakan pembaca. Sekaligus menceritakan crank termahal belum tentu yang terbaik, dan crank murah bukan berarti murahan. Artikel dari WMB bukan menguji produk crank sepeda gunung paling bagus, tetapi memenuhi kriteria dari hasil test bagi fungsi crank sepeda gunung

Fungsi Crank sepeda gunung

Apakah fungsi crank, apakah crank ringan yang terbaik, crank termahal yang terbaik, atau jenis crank carbon yang terbaik. Fungsi crank sepeda satu, memindahkan power atau tenaga dari kaki ke pedal yang di tranmisikan oleh crank untuk mengerakan rantai ke sproket. Ketepatan kedudukan rantai pada crank membuat kemampuan power lebih baik dan efisien di tranfer. Disini peran penting dari kedudukan rantai harus tepat, pas dan kaku pada crank sepeda. Apa yang diukur untuk ketepatan crank, yaitu ketebalan dalam ukuran milimeter. What Mountain Bike eidisi Des 2010 menguji 18 tipe dan model crank berbeda beda. Tabel ada dibawah ini.





Apakah 9 speed kompatibel dengan 10 speed.

Informasi tambahan bagi mereka yang ingin upgrade crank sepeda MTB. Model gigi sepeda saat ini di dominasi oleh 2 tipe gigi sepeda yaitu 9 dan 10 speed. Pertanyaan mudah, apakah bisa komponen 10 speed untuk 9 speed dengan mencampur ke 2 konfigurasi berbeda.

Merek Shimano mengatakan tidak, kami setuju dengan pernyataan Shimano. Walaupun masih memungkinkan pengabungan komponen 9 dan 10 speed, saran kami sebaiknya pemakaian komponen 10 dan 9 speed tidak digabung untuk menghindari pusing kepala di kemudian hari. Tetapi tidak melarang anda mencoba kombinasi antara 9 speed untuk diupgrade dari sebagian komponen 10 speed. Ada isu bahwa Sprocket 9 speed SRAM bisa dipasangkan dengan 10 speed RD SRAM. Tapi kami belum mencoba. Hasil lain dari test RD Shimano SLX untuk 10 speed dengan Sprocket XT 9 speed, kami coba dan sulit dilakukan karena tidak presisi karena 2 dari 9 gigi pasti melompat.
Kami juga setuju bagi setiap komponen sepeda, khususnya bagian belakang tidak di campur dengan berbagai merek. Ada baiknya mengunakan satu merek untuk RD, Sprocket (Gigi belakang) yang sama.
Informasi diatas adalah referensi sebelum anda melakukan upgrade drivetrain sepeda anda. Saat ini sudah banyak produk drivetrain diluar produk Shimano dan SRAM.
Kesimpulan 9 speed tidak kompatibel dengan 10 speed.