Selama 6 bulan seorang dokter asal Inggris meneliti, dampak sepeda ringan dan berat terhadap kemampuan pengendara sepeda. Hasilnya sepeda ringan hanya memberikan dampak sedikit bahkan tidak memberikan keuntungan dibanding sepeda lebih berat.  Dr Groves membandingkan sepeda dengan berat 13.5kg dengan frame besi vs 9.5kg dengan rangka karbon yang ringan.

Test dilakukan dengan 26 kali berkendara sepeda ringan bahan carbon dan 30 kali sepeda rangka besi. Hasilnya hanya berbeda 32 detik lebih cepat dari data pengendara sepeda carbon ringan, dimana pengendara dipilih dengan acak untuk mengunakan 2 model sepeda tersebut.

Banyak faktor membuat berkendara sepeda lebih cepat, misalnya ban, medan jalan, hambatan angin dan lainnya yang lebih kuat mempengaruhi kecepatan bersepeda.
Sepeda rangka carbon yang mahal mungkin meringankan bobot total dari pengendara. Tetapi harganya mahal, dan kurang berdampak dengan kecepatan seorang pesepeda ketika berkendara. Masih lebih baik mengunakan sepeda biasa saja, dan tidak terganggu oleh efek psikologis bahwa sepeda carbon memang lebih cepat dan ringan.

Dr Grove juga menyarankan, "Mending berat badan di kecilin, dari pada beli sepeda yang lebih ringan 3kg". Katanya seperti itu. Anda percaya bahwa sepeda ringan akan lebih cepat. Tentunya anda bisa membuktikan sendiri.