Goesbike - http://www.goesbike.com
Velcro untuk tali baterai lampu sepeda
http://www.goesbike.com/articles/4087/1/Velcro-untuk-tali-baterai-lampu-sepeda.html
- -
Screw Man. With cycling hobby, and provide information to everybody with http://Goesbike.com.
 
By - -
Published on 7 March 2021
 
Bagaimana membuat Velcro lebih lebar. 2016 lalu Velcro untuk merapikan kabel dapat dibuat lebih lebar. 2021 ukuran Velcro dijual dengan bentuk lebar dari 1 cm , 2 cm, 2,5 cm, 5 cm. Ukuran Velcro lebar 5 cm paling nyaman untuk tali Velcro baterai sepeda.


Velcro 5cm gantungan baterai lampu sepeda - Maret 2021
Setelah kehilangan tali Velcro untuk tali lampu sepeda karena pandemi, sementara waktu tidak membawa lampu sepeda malam.
Kemarin sempat mencari produk Velcro ukuran lebih lebar, dan ternyata sudah tersedia.

Velcro dengan lebar 5cm, dibuat untuk menempel di pakaian.
Berbeda dengan Velcro untuk merapihkan kabel dengan 2 sisi, antara Hook dan Loop.
Velcro untuk pakaian masing masing satu sisi berbeda. Tapi ada bagian perekat, jadi 2 lembar Velcro direkatkan menjadi 2 sisi menjadi strap lampu sepeda.

Harga Velcro 5cm hanya 20 ribuan per 50cm. Belum termasuk ongkos kirim.
Bila ukuran terlalu besar, dapat digunting dan dikecilka sesuai lebar dengan celah yang kita inginkan di frame sepeda



Cara membuat tali pengikat baterai sepeda ukuran besar

Dibawah ini penempatkan Velcro untuk strap atau tali baterai lampu sepeda ukuran 4 baterai dengan output 7.4V/DC

Cara pasang baterai untuk lampu sepeda

Ini hanya satu ide, Velcro juga dapat dipasang sebagai penahan ban, atau penahan tas di belakang sepeda.
Fungsi Velcro lumayan banyak, dari penganti resleting di kantong celana dengan tutup, untuk tas, hordeng yang dilepas pasang dan lainnya.
Varian Velcro tanpa lem umumnya untuk dijahit dan vlecro dengan lem perekat seperti yang kami coba

Cara membuat Velcro untuk tali lampu sepeda seperti dibawah ini.



Velcro kecil dibuat lebar - September 2016
Beberapa disain Velcro dibuat tipis, seperti pita dan dibuat cukup panjang. Kadang sudah dijahit pada perangkat kabel charger notebook, smartphone atau apa saja.

Dipasaran terdapat model Velcro dengan ukuran kecil, bagaimana untuk membuat ukuran velcro lebih besar. Contoh untuk pengikat baterai di sepeda, biasanya datang dengan ukuran kecil dan seadanya. Terlihat tidak terlalu kuat. Mencari ukuran velcro besar mungkin tidak banyak dipasaran. Kita dapat membuat sendiri kain velcro agar lebih lebar

Seperti gambar dibawah ini, 3 velcro digabung menjadi velcro lebih lebar.

Cara membuat Velcro lebih lebar

Dan menjadi seukuran dibawah ini
Membuat velcro lebih lebar

Mengabungkan Velcro

Ada beberapa cara mengabungkan velcro menjadi lebih besar. Cara paling mudah dengan menjahit dengan kain. Atau mengunakan lem dan menyambung tiap tepian velcro.

Bila anda memiliki solder listrik. Boleh dicoba mengunakan solder seperti menjahit dengan membakar bagian tepi velcro dan mengabung diantara kedua tepi velcro.
Caranya seperti video di bawah ini.



Sejarah Velcro
Anda mengenal Velcro, digunakan seperti pengikat dan dapat dilepas pasang. Sering ditemukan di pengikat kabel charger smartphone, atau baterai. Velcro adalah salah satu penemuan di era abad ke 19, tepatnya pada 1931

Penemu Velcro adalah seorang insinyur dari Swiss George de Mestral pada tahun 1931. Dia membuat ide pengakit antara 2 bahan kain yang dapat direkatkan. Awalnya George melihat benih pohon Gerinda yang terus menempel dipakaian. Lalu diambil dan ditempelkan ke bulu anjingnya. Apa yang dilihat di mikroskop, terlihat seperti banyak kait di benih pohon yang menempel ke bagian bulu lain.

George membawa idenya ke Lyon yang kemudian mulai di tenun. Berkat bantuan seorang penenun kain, akirbya dua lembar strip kapas bisa bekerja. Namum bahan kapas tidak terlalu kuat dan mudah lepas, George beralih ke bahan sintetis nylon dan mendapatkan beberapa keunggulan. Tidak mudah rusak dan dapat diproduksi dalama ketebalan tertentu. Sampai George mencoba trial error, dan akhirnya benang dapat di tekuk seperti benih pohon dengan panas inframerah.

Namun George belum mampu membuat velcro modern seperti sekarang ini. Dimana strip dapat dilepas pasang berulang kali dan tetap awet

George akhirnya membawa penemuannya ke paten di Swiss pada tahun 1951. Dan diberikan haknya pada tahun 1955, dia mulai membuka usaha Velcro di beberapa negara di Eropa. Sampai di tahun 1957, akhirnya membawa dirinya ke industri tekstil di Manchester Amerika.

Hak paten milik George untuk Velcro sudah berakhir di tahun 1978. Sekarang produsen dapat membuat barang imitasi sejenis Velcro. Disain sama tapi tidak lagi dipegang oleh paten George.