Kekurangan sepeda lebih parah dari tahun 2020 karena minat bersepeda melonjak

Kekurangan sepeda, suku cadang, dan aksesori terkait pandemi di seluruh dunia lebih buruk pada tahun 2021 dibandingkan dengan tahun 2020 untuk konsumen
Hal tersebut diceritakan oleh toko retail di Vancouver Kanada.

Pengecer tidak hanya kehabisan sepeda di awal musim tahun 2021, mereka tidak mendapatkan cukup aksesori seperti helm dan kunci, atau suku cadang  perbaikan seperti bantalan rem dan ban dalam.

Kekurangan tersebut diperkirakan tidak akan berakhir dalam waktu dekat. Toko sepeda bersiap untuk kekurangan persediaan sepanjang tahun ini dan tahun 2022.

Meningkatnya permintaan dan terbatasnya pasokan tidak hanya terjadi di kota Metro Vancouver. Ini konsekuensi yang tidak diinginkan dari pandemi COVID-19 di seluruh dunia.



Persediaan sepeda tahun 2021 tidak berubah

Di Reckless Bikes, pemilik Paul Dragan melihat dampaknya setiap hari.

“Kami pikir tahun 2020 cukup menantang, tapi tahun 2021 ternyata lebih menantang,” ucapnya. “Tahun 2020 pemasok masih memiliki produk di gudang. Awal tahun 2021 mereka tidak memiliki apa pun di gudang. Gudang mereka telah kering"

Di empat gerai ritel toko Reckless, mengatakan kekurangan paling akut adalah sepeda komuter di bawah $ 1.500, dan sepeda jalan raya atau balap, apa pun di bawah $ 3.500 serta semua sepeda listrik atau e-bikes.


Dragan mengatakan jika pelanggan datang dan mengatakan dia memiliki $ 1.000 untuk membeli sepeda ke tempat kerja, Dragan mungkin akan mengatakan bahwa ada satu atau dua sepeda untuk ukurannya, dan tidak lagi membicarakan manfaat dan fitur dari berbagai sepeda. Percakapan menjadi lebih singkat ke pembeli. Karena tidak ada pilihan.

Saran juga diberikan, bila pembeli berencana mempertimbangkan untuk membeli sepeda. Dia mengatakan mungkin sebelum pekan sepeda yang ditawarkan akan dijual ke anda atau orang lain.

Seorang pelanggan yang menginginkan sepeda listrik, katanya, harus membayar deposit sekarang. Pesanan di bulan April pun harus didapat pertengahan bulan depan.

Dragan juga memberi saran, jika anda sudah memiliki sepeda, sebaiknya mempertahankannya dan mungkin baru memikirkan membeli sepeda baru tahun depan.

Mengapa pemilik toko mengatakan seperti itu.
Jika anda tidak membutuhkan sepeda baru, mungkin selama menunggu satu tahun. anda hanya menghabiskan beberapa ratus dolar untuk memperbaiki sepeda anda tampil lebih baik.

Live to Play Sports di Port Coquitlam salah satu distributor grosir sepeda, suku cadang, dan aksesori terbesar di negara itu.
Live to Play adalah perusahaan induk dari pabrikan sepeda Norco.

Jeff Nyhaug menjadi perwakilan penjualan di Live to Play selama 35 tahun.
Dia berkata bahwa belum pernah melihat hal seperti ini dalam bisnis sepeda.

"Ada lonjakan sepeda sebelumnya, tetapi saya belum melihat situasi di mana proses pembuatannya belum mampu bereaksi dan membuatnya berhasil memenuhi kebutuhan," katanya.

Nyhaug mengatakan jika Live to Play Sports menerima pengiriman kontainer berukuran 10, 40 feet dari Asia yang berisi sepeda, peralatan, dan suku cadang, semuanya akan segera dikirim ke toko retail.

“Tidak ada yang duduk di rak yang berdebu,” katanya. Tidak ada inventaris yang diam lagi disana.

Pandemi menyebabkan pengecer dan distributor mengalami lonjakan penjualan 25 hingga 40 persen tapi tidak ada peningkatan produksi dari pabrik.

Pabrik sepeda di China, kata dia, masih beroperasi 24 jam sehari, tujuh hari seminggu sepanjang tahun.

“Sejak tahun lalu, kami masih mengejar ketinggalan,” kata Nyhaug. “Anda tidak dapat mengejar kecuali produksi meningkat, dan produksi tidak dapat meningkat kecuali kemampuan meningkat. Butuh dua tahun untuk membangun pabrik, dan itu belum terjadi. ”

Waktu tunggu untuk memesan telah berubah dari sebelum pandemi 60 hari - 90 hari, katanya, menjadi 12, 14 dan terkadang 16 bulan untuk komponen tertentu.

Dia mengatakan sepertinya kekurangan komponen mungkin tidak akan mereda sebelum 2023.

“Ini tentang mengelola ekspektasi saat ini.
Ada rasa sakit hati ketika orang tidak mendapatkan apa yang mereka pesan atau apa yang mereka inginkan.

Katanya. “Yang saya katakan kepada konsumen adalah menemukan sesuatu yang mereka suka, cocok, tapi bisa didapatkan, dan membelinya.
Jangan katakan ketika pembeli pergi ke sebuah toko dan melihat yang ke toko lain. Karena begitu anda kembali, yang dilihta itu mungkin akan hilang.

Begitulah kondisi persediaan sepeda pada bulan April 2021, yang diceritakan oleh produsen dan toko retail disana.